Mengapa Orang Indonesia Menggambar Gunung Kembar? | Ayo #TolakUN

Iya, baru sadar kalo selama ini gambar bebek selalu menghadap kiri gara-gara dulu diajarin pake angka 2 sebagai awal menggambarnya..

Tolak Ujian Nasional

GUNUNG KEMBAR
Oleh Sarlito Wirawan Sarwono

Sejak beberapa tahun terakhir, Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia, Jakarta (biasa dikenal dengan singkatan UPI YAI), tempat saya bekerja selepas pensiun sebagai PNS, mengundang seorang psikolog bangsa Perancis, Dr. Roseline Davido, untuk mengembangkan, meneliti dan memublikasikan sebuah tes psikologi baru yang diciptakan oleh Dr. Davido sendiri dan diberi nama tes CHaD (Children Hands that Disturb).

Intinya, tes ini adalah tes menggambar. Peserta diminta menggambar gambar yang paling sering digambarnya semasa dia kecil, dan sesudah itu menggambar lagi dua gambar tangan. Yang satu tangan yang normal dan yang satu lagi tangan yang mengganggu. Dari hasil tes itu kemudian dianalisis kepribadian orang yang bersangkutan.
Saya tidak akan membahas tes ini karena terlalu teknis. Tetapi ketika Dr Davido untuk pertama kali (pada tahun 2010) mencobakan tes itu di kalangan dosen-dosen psikologi di UPI YAI, dan meminta peserta menggambar yang paling serinfg digambar semasa kecil, semuanya menggambar ……

View original post 725 more words

Advertisements

Published by

temukonco

traveling | photography | food-lover | good-listener | secret-keeper | story-teller

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s